Minggu, 23 September 2012

Cara Mudah Membuat Blog pada Blogger (Pemula)


Assalamu'alaikum...!!!

Jumpa lagi dengan ane di postingan kali ini, dan yang akan ane bahas tentang cara membuat blog di blogger khusus buat sobat yang pemula. Berhubung kemarin-kemarin masih banyak yang bingung caranya bahkan ada yang chat ke fb ane menanyakan tentang cara membuat blog gimana sihh...???

nah supaya tidak repot menjelaskan satu-satu untuk sobat, akhirnya ane membuat postingan ini semoga sobat bisa mengerti dan dapat bermanfaat bagi sobat...!!! 
Seperti judulnya Cara Membuat Blog pada Blogger, jika sobat memang masih pemula dan belum mengerti soal istilah-istilah blog. Sedikit penjelasan untuk sobat, pertama untuk kata blogger itu sebenarnya apa sih.??? Ok singkat saja, Blogger adalah sebuah hosting yang secara default berdomain blogspot.com. Untuk istilah selebihnya boleh mencari di google dengan kata kunci yang sobat sering dengar pada orang-orang mengenai blogger..!

ok sekarang langsung kita mulai
1.  Sediakan email sobat kalau belum bisa daftar di GMail atau dimana
2.  Klik alamat ini www.blogger.com setelah masuk tampilannya akan seperti pada gambar dibawah klik Memulai untuk menciptakan akun google sekaligus langsung menciptakan blog, namun bila sobat ingin membuat satu-satu boleh dengan mengklik Daftar namun cara kedua ini  berbelit-belit (bolak-balik). Jadi pada percobaan ini kita langsung klik aja Memulai
 

3.  Mengisi data untuk akun google, isikan sesuai data anda seperti Alamat Email, Password, Nama Untuk Akun, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, serta masukkan Karakter yang seusai gambar yang muncul kemudian klik Lanjutkan
 
 

4.  Pembatan blog, pada tahap ini sobat kembali diminta untuk memasukkan data Masukkan Judul Blog yang sobat inginkan kemudian masukkan Alamat Blog yang sobat inginkan kemudian klik Cek Ketersediaan untuk mengetahui alamat belum ada yang menggunakan atau masih tersedia, kalau masih tersedia, ada keterangan Alamat Blog Ini Tersedia lalu klik Lanjutkan
 

5.  Memilih Tampilan, Silahkan sobat pilih tampilan blog yang sobat sukai, beberapa macam tampilan yang disediakan seperti Tampilan Dinamis, Mudah, Jendela Gambar, PT Keren Sekali, Tanda Air, Kelembutan, Perjalanan, secara default tampilan blogger seperti itu, sobat silahkan pilih salah satu kemudian klik Lanjutkan
 

6.  Sekarang sampai tahap ini blog anda telah jadi, Klik Mulai Blogging untuk memulainya
 

7.  Membuat postingan. Untuk membuat posting sobat tinggal masukkan Judul postingan sobab, Isi kemudian Terbitkat.
 

8.  Untuk melihat blog sobat klik Lihat Blog atau  Lihat Entri
 

Semoga sampai tahap ini sobat berhasil, dan sebenarnya membuat blog itu sangatlah mudah, namun yang sulit adalah mengurusi dan mempercantik tampilan perlu sedikit keahlian desain.

Tapi sebagai Blogger Pemula tentunya kita selalu berfikir kalau tampilan blog yang kita buat kok beda sana blog orang-orang, mungkin masih norak gitu, namun sobat jangan hiraukan pikiran sobat yang seperti itu, yang dipikirkan adalah kita masih pemula perlu belajar untuk membuat sama seperti yang mereka perbuat.

Demikianlah tutorial kali ini untuk sobat, untuk tahap pengembangan Insya Allah akan saya bahas di lain kesempatan...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar